Pilih 4 Sarapan Ini agar Mendapat Energi Tinggi saat Ngantor

 

pexels.com

CERITA ILMU - Sarapan di pagi hari ialah kebutuhan bagi setiap orang, terutama pekerja kantoran karena dengan sarapan tubuh kita akan mendapat energi ketika melakukan segala aktivitas. Dilansir betterhealth, sarapan bisa meningkatkan kinerja otak termasuk saat bekerja.

Namun, jika Anda tidak sarapan pada pagi hari tentu akan merasa lemas saat berada di tempat kerja. Penelitian menunjukan bahwa tidak sarapan pada pagi hari bisa memengaruhi mental, seperti kurangnya konsentrasi dan daya ingat sehingga hal ini menyebabkan tugas yang Anda kerjakan di kantor terasa lebih sulit daripada seperti biasanya.

Sumber dan Tingkat Energi Berasal dari Makanan

Sebelum masuk ke empat makanan yang berenergi, alangkah baiknya kita perlu tahu bagaimana makanan memberi Anda energi dengan melihat zat yang ada di dalamnya, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak.

1. Karbohidrat

Karbohidrat berperan sebagai sumber energi utama dalam tubuh. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat ini, tubuh akan memecahnya menjadi molekul gula. Setelah itu, gula akan masuk ke dalam aliran darah dan sel-sel dalam tubuh menggunakannya sebagai energi.

2. Lemak

Lemak merupakan zat gizi makro yang paling padat energi. Semua lemak yang Anda konsumsi berbentuk trigliserida (lemak yang mengalir di dalam darah) untuk menghasilkan energi.

3. Protein

Protein berperan penting sebagai fungsi otot dan jaringan tubuh. Protein juga bisa mencegah kelelahan. Selain itu, tubuh bisa menggunakan protein sebagai energi tetapi zat ini bukan sumber energi utama.

Ketiga zat gizi makro tersebut dapat memberi Anda energi yang cukup untuk tubuh.

Berikut empat sarapan yang dapat memberi Anda energi saat kerja di pagi hari yang dirangkum dari zoe:

1. Jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dapat membantu Anda mempertahankan energi. Anda bisa sarapan pagi dengan mengonsumsi jagung karena makanan ini bisa memasok energi yang lebih stabil dan tahan lama.

Selain itu, jagung juga tidak terlalu ribet cara mengolahnya, yaitu dengan cara direbus. Hal ini bisa menghemat waktu Anda ketika ingin berangkat kerja ke kantor.

2. Kacang Hijau

Selanjutnya, makanan yang bisa dijadikan sebagai sarapan pagi adalah kacang hijau.

Kacang hijau cocok dikonsumsi saat musim hujan tiba lalu ditambah dengan meminum minuman yang dapat menghangatkan tubuh. Tentu hal ini akan terasa nikmat.

Kacang hijau termasuk makanan berserat yang membantu memperlambat laju pelepasan gula ke dalam aliran darah. Sehingga bisa mempertahankan energi sepanjang hari.

3. Alpukat

Jika Anda sedang ingin sarapan buah-buahan, alpukat adalah pilihan yang tepat. Dilansir hellosehat, alpukat merupakan jenis buah yang cocok dikonsumsi saat pagi hari karena mengandung lemak sehat.

Selain itu, alpukat juga mengandung serat yang membantu memperlambat laju pelepasan gula ke dalam aliran darah. Sehingga Anda akan mendapat energi pada pagi hari.

4. Telur

Terakhir, sarapan yang bisa Anda konsumsi sebelum kerja ke kantor ialah telur. Meskipun protein dalam telur tidak efisien dijadikan sumber energi, tetapi telur mengandung protein yang membantu mencegah kelelahan. Selain itu, protein juga berperan penting sebagai fungsi otot dan jaringan tubuh.

Dari keempat makanan di atas tentunya dapat memberi energi yang cukup saat kerja ngantor. Selain itu, makanan di atas juga cara pengolahannya tidak terlalu ribet. Jadi, yuk, jadikan sarapan pagi sebagai ritual sebelum kerja ngantor.

Apakah Anda juga pernah mengonsumsi salah satu makanan dari keempat di atas?

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama