5 Rekomendasi Minuman untuk Menghangatkan Tubuh, Cocok Diminum saat Ngantor

rekomendasi minuman hangat
pexels.com/Karolina Kaboompics

CERITA ILMU - Hujan di pagi hari merupakan keadaan yang tidak diinginkan bagi sebagian orang, salah satunya pekerja kantoran karena keadaan seperti ini terkadang bisa menghambat dan mendatangkan rasa malas untuk pergi bekerja.

Cuaca hujan juga seringkali membuat tubuh kedinginan. Jika Anda membiarkannya, bisa saja seiring berjalannya waktu tubuh akan sakit. Untuk itu, menjaga tubuh agar tetap hangat sangatlah penting. Salah satu cara agar tubuh tetap hangat saat ngantor ialah meminum minuman tertentu yang dapat menghangatkan tubuh.

Meminum minuman hangat bisa menjaga agar tubuh Anda tetap sehat. Selain itu, minuman hangat juga bisa menemani Anda saat bekerja di kantor. Berikut lima rekomendasi minuman hangat yang cocok diminum saat ngantor:

1. Kopi Susu

Minuman hangat pertama yang bisa Anda coba tidak lain adalah kopi susu. Tentunya, ini sudah sangat populer dan Anda pun pasti sudah pernah menikmatinya. Kopi susu cocok dijadikan teman minum saat ngantor karena perpaduan rasa pahit dan manisnya yang memberikan sensasi bagi para penikmatnya.

Selain itu, kopi susu juga cocok diminum saat Anda kerja lembur karena bisa membuat tubuh tetap hangat saat malam hari.

2. Wedang Jahe

Selanjutnya, minuman yang bisa menghangatkan tubuh saat ngantor ialah wedang jahe. Minuman ini ialah salah satu minuman yang ampuh untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan, Anda bisa mencobanya sendiri.

Bahan yang diperlukan tidak banyak, yaitu jahe, gula dan air mendidih. Cara membuatnya pun cukup sederhana, cuci jahe menggunakan air bersih lalu geprek dan masukan ke dalam air mendidih kemudian tambahkan gula sesuai yang Anda inginkan.

3. Bandrek

Jika Anda sedang tidak ingin meminum wedang jahe, Anda bisa mencoba meminum bandrek sebagai pengganti karena minuman ini hampir sama bahannya dengan wedang jahe, yaitu sama-sama menggunakan jahe. Namun, minuman ini bahan-bahannya lebih banyak ketimbang wedang jahe sehingga rasanya pun lebih nikmat.

Bagi pekerja kantoran seperti Anda tentu tidak mungkin membawa bahan-bahan untuk membuat minuman ini. Oleh sebab itu, untuk mencoba minuman ini pertimbangkan untuk membelinya di warung atau toko terdekat.

4. Bajigur

Minuman khas sunda ini cocok diminum saat musim hujan dan menemani Anda saat bekerja. Namun, minuman ini memiliki bahan-bahan yang cukup banyak sehingga hanya bisa dinikmati di rumah saja.

Dilansir lottemart, inilah bahan-bahan dan cara pembuatan bajigur:

  1. 200 ml santan;
  2. 100 gr gula merah
  3. 50 gr jahe;
  4. 1 batang kayu manis;
  5. 2 lembar daun pandan;
  6. 2 sdm kopi bubuk;
  7. 1 batang serai;
  8. 1/4 sdt garam;
  9. 500 ml air.

  • Pertama, iris-iris tipis gula merah. Kemudian, ikat daun pandan berbentuk simpul dan geprek jahe;
  • Lalu, siapkan panci berisikan air untuk mencampur gula merah, daun pandan, jahe, kayu manis, kopi bubuk dan garam. Rebus hingga mendidih dan mengeluarkan aroma khas jahe; 
  • Sembari direbus, masukkan santan dan aduk hingga merata. Aduk terus jangan sampai santannya menjadi pecah. Lalu, matikan kompor dan tuangkan adonan ke dalam wadah terpisah; 
  • Saring seluruh bahan tadi hingga hanya tersisa air kuah saja. Lalu, tuang ke dalam gelas untuk diminum. Anda bisa menambahkan kental manis jika ingin bajigur lebih manis; 
  • Bajigur siap dinikmati!

5. STMJ

Terakhir, minuman yang bisa Anda coba ialah Minuman hasil kombinasi dari susu,telur,madu, dan jahe. Minuman ini juga bisa untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan. 

Cara membuatnya cukup sederhana yaitu, dengan mencampurkan susu mendidih dengan telur,madu,jahe. Untuk jahenya, Anda bisa merebus terlebih dahulu hingga sarinya keluar. Ataupun jika ingin cepat, Anda bisa membelinya di warung dan restoran.

Masing-masing minuman di atas tentunya memiliki rasa dan manfaatnya bagi tubuh. Untuk memilih minuman yang cocok bagi Anda, sebaiknya coba terlebih dahulu dari kelima minuman di atas. Setelah mencobanya, pilihlah salah satu minuman yang sekiranya cocok dengan selera Anda.

Di musim penghujan ini sebaiknya Anda tetap menjaga tubuh agar tetap hangat agar bisa menghindari penyakit yang mungkin datang kapan saja. Bagaimana pendapatmu mengenai lima minuman penghangat tubuh ini, apakah anda pernah mencoba salah satu dari kelima minuman di atas?

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama