6 Trik Mudah Agar Kamu Bisa Bangun Pagi Tanpa Banyak Paksaan

bangun pagi
ilustrasi pria bangun tidur (pexels.com)

Bangun pagi hari merupakan suatu hal yang bagus dilakukan. Karena di pagi hari, kita bisa mempersiapkan hal-hal yang akan kita lakukan agar lebih produktif. Salah satu aktivitas yang bagus dilakukan pada pagi hari yakni berolahraga ringan. Olahraga merupakan aktivitas bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama dilakukan pada pagi hari.

Namun, terkadang setiap orang memiliki kesibukannya masing-masing yang dapat menyebabkan bangun kesiangan. Tentunya hal itu merupakan tantangan yang harus kita lawan. Selain kesibukan, tidur terlalu malam pun dapat menyebabkan kita bangun kesiangan. Oleh karena itu, sebelum kita masuk ke cara bangun pagi tanpa paksaan, mari kita kenali dulu hal setelah ini!

Kenali susahnya bangun pagi

Tentunya, ada banyak hal yang membuat kita bangun kesiangan. berikut telah kami rangkum 3 hal yang membuat kita susah bangun pagi!

Jadwal tidur yang tidak teratur

Saat malam hari tiba, pastikan kamu memiliki target harus tidur selama 8-9 jam. Jika kurang dari 8 jam, maka otak kamu tidak cukup beristirahat. Akibatnya pada siang hari kamu akan mengalami pusing dan mengantuk setiap saat. Oleh sebab itu, hindari jadwal tidur yang tidak teratur.

Kecanduan gadget dan media sosial

Saat bermain ponsel, pastikan kamu sudah mengatur waktu untuk aktivitas lainnya. Karena orang-orang dijaman sekarang banyak yang kecanduan hingga tidak ingat waktu. Umumnya, mereka yang sering bangun kesiangan salah satu penyebabnya yakni tidak ingat waktu bermain ponsel terutama saat bermain media sosial.

ilustrasi orang menutup kepala dengan buku (pexels.com)

Kurang motivasi untuk memulai hari lebih awal

Bagi sebagian orang, terkadang tidak terlalu mementingkan bagaimana motivasi dapat mempengaruhi hidup agar lebih baik. Dalam hal bangun pagi, tentunya motivasi cukup berperan penting. Kamu bisa mencari motivasi dari internet seperti media sosial. Jadi, bagi kamu yang susah bangun pagi, coba cari motivasi yang dapat mendorong kamu supaya bangun lebih awal.

Itu dia tiga hal yang kami rangkum dapat membuat kamu susah bangun pagi. Sekarang yuk, kita lanjut!

6 trik agar kamu bisa bangun pagi tanpa paksaan

Sebelum kamu menerapkan trik ini pastikan kamu memiliki motivasi untuk bangun pagi, ya!

1. Atur ulang jadwal tidur

konsisten untuk tidur lebih awal tentunya hal yang dapat membantu kamu agar bisa bangun pagi. Sebaiknya, biasakan dari sekarang membuat dan mengatur jadwal tidur kamu supaya tidak bangun siang. Setelah kamu selesai mengatur jadwal tidur, langkah selanjutnya adalah mengatur alarm. Pastikan kamu tidur minimal 8 jam perhari agar otak bekerja lebih optimal dan tentunya cukup istirahat.

2. Simpan dan jauhi gadget sebelum tidur

Bagi banyak orang, terkadang tidak bisa lepas dan jauh dari gadget. Bahkan saat ingin tidur pun tetap di dekat gadget. Padahal gadget memiliki sinar biru yang dapat menyebabkan kamu jadi susah tidur dan banyak orang tidak memperdulikan hal ini.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini yakni sebelum tidur coba simpan gadget minimal berjarak 1 meter dari kepala kamu. Agar otak kamu tidak terkena radiasi yang dihasilkan oleh gadget.

3. Temukan motivasi yang kuat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kurangnya motivasi dapat menyebabkan susahnya bangun pagi. Salah satu motivasi yang bisa kamu lakukan yakni dengan cara mengatur alarm agar bangun pada jam yang kamu inginkan.

Selain itu, jika kamu memiliki aktivitas di pagi hari yang menyenangkan, hal itu juga dapat membantu kamu bangun pagi hari tanpa paksaan. Jadi, yuk, temukan hal yang dapat menyenangkan hati kamu supaya bisa bangun lebih awal.

ilustrasi pria produktif (pexels.com)

4. Siapkan diri dengan baik sebelum tidur

Bagi kamu yang memiliki aktivitas khusus pada pagi hari, coba siapkan peralatan dan kebutuhan lain pada hari sebelumnya di waktu malam. Hal ini mungkin saja bisa memotivasi kamu supaya bangun pagi. Selain itu, mempersiapkan kebutuhan lebih awal juga dapat mempermudah kamu saat keesokan harinya.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan yakni membuat to do list jadwal kegiatan pagi. Hal ini bertujuan agar saat pagi hari kamu lebih produktif dan lebih lancar.

5. Manfaatkan cahaya matahari pagi

Cahaya matahari dapat membuat kamu bangun pagi tanpa paksaan, lho. Saat kamu masih di kasur coba biarkan sinar matahari mengenai tubuh kamu. Adapun manfaat dari sinar matahari yang bagus untuk tubuh kamu.

Dilansir Brigham and Women's Hospital, cahaya pada pagi hari dapat mengatur ritme sirkadian yang dapat membuat kamu bangun lebih mudah. Jadi, jika cahaya matahari memancar pada tubuh kamu, jangan dihalangi, ya.

6. Berikan penghargaan untuk diri sendiri

Poin terakhir yakni memberikan penghargaan kecil untuk diri sendiri. Cobalah membuat penghargaan kecil-kecilan seperti memberi reeard jika kamu bangun pagi hari. Hal ini bisa memotivasi kamu supaya lebih semangat bangun awal. Setelah itu, cobalah rayakan kemajuannya dan terus tingkatkan menjadi sebuah kebiasaan.

Salah satu hal yang akan kita dapat jika bangun pagi yakni dapat meningkatkan produktivitas dan tentunya mendapatkan manfaat lain. Jadi, yuk, terapkan kebiasaan bangun pagi agar kamu lebih produktif setiap harinya dengan mengikuti enam truk diatas.

Baca Juga

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama