Tips Jitu Menghemat Pengeluaran Setiap Bulan

Menghemat Pengeluaran
pexels.com

Dalam hidup, terutama dalam mengelola keuangan tentunya tidak lepas dari 2 hal yaitu antara pemasukan dan pengeluaran. Kedua hal tersebut akan menghampiri kita apalagi jika kita sedang mempunyai uang.

Namun, terkadang pemasukan yang kita miliki tidak seimbang dengan pengeluaran yang kita butuhkan. Oleh karena itu muncul istilah menabung ataupun menyimpan uang untuk membeli sesuatu. Lalu seberapa pentingkah menabung untuk kehidupan kita???

Mengapa Harus Menghemat Uang

Menghemat uang itu penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Terutama untuk kita yang mempunyai ekonomi pas-pasan. Simpelnya menghemat uang itu caranya adalah membeli barang sesuai keperluan bukan sesuai keinginan.

Alasan utama mengapa kita harus menghemat uang adalah supaya uang kita cukup untuk jangka waktu tertentu. Sebagai contoh jika dalam 1 bulan sekali dapat gaji, itu artinya kita harus menghemat uang selama 1 bulan, bertujuan agar dalam 1 bulan itu kita tidak terlalu kekurangan. Jangan lupa sisihkan juga uang untuk menabung dan hindari boros.

Seberapa Pentingkah Menabung

Menabung merupakan suatu kegiatan menyisihkan/mengumpulkan uang untuk tujuan tertentu. Tentu saja hal ini penting meskipun uang yang kita kumpulkan tidak mempunyai tujuan. Bisa saja uang tabungan ini berguna ketika kita sedang krisis keuangan terutama pada pasangan suami istri.

Tidak hanya itu, menabung juga sangat dianjurkan oleh orang orang sukses, selain uang bertambah banyak bisa juga untuk belajar menyisihkan uang terutama untuk pelajar pelajar. Tetapi tidak ada salahnya juga mencari passive income bertujuan untuk menambah uang untuk menabung juga.

Menghemat Pengeluaran
pexels.com

Tips Menghemat Pengeluaran Bulanan

1. Pembuatan Anggaran

Tentu hal ini akan sangat lumrah terutama bagi kita karyawan biasa. Sebelum membeli sesuatu membuat anggaran terlebih dahulu bertujuan agar pengeluarannya terkendali.

2. Identifikasi Pengeluaran Tidak Penting

Dalam mengelola keuangan kita harus tahu apakah sesuatu yang ingin kita beli merupakan kebutuhan atau hanya sekedar keinginan jangan sampai terlarut dengan keinginan sampai mengabaikan kebutuhan.

3. Prioritaskan Kebutuhan

Kebutuhan harus menjadi nomor 1 dalam pengeluaran sehari hari. Jangan sekali kali memprioritaskan keinginan.

4. Pantau Pengeluaran

Ketika sudah memasuki pertengahan bulan maka waktunya bagi kita untuk memantau pengeluaran, mana saja yang sebaiknya tidak perlu dibeli. Dan pastikan dalam pengeluaran tersebut ada pengeluaran untuk menabung.

5. Rencanakan Belanja

Rencanakan belanja untuk keperluan sehari hari, dan gunakan poin nomor 3 yaitu memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan.

6. Cari Diskon dan Penawaran

Sebelum berbelanja sesuatu coba cek terlebih dahulu apakah ada diskon atau tidaknya. Hal ini juga cukup berpengaruh karena bisa meminimalisir pengeluaran sehari hari kita.

Itulah cara menghemat uang selama 1 bulan jika cara ini cukup efektif silahkan ulangi setiap bulanya.

Semoga Bermanfaat!

Baca Juga

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama