Diet Tapi Tetap Kenyang? Coba Deh 5 Makanan Mengenyangkan Rendah Kalori Ini

makanan mengenyangkan rendah kalori
pexels.com/jane trang doan

Setiap orang saat ingin diet tentunya mereka mencari makanan yang sehat dan seimbang agar terasa kenyang. Hal ini menjadi sebuah tantangan karena saat mereka diet tetap harus mencari makanan yang dapat mengenyangkan.

Mengatasi lapar saat diet merupakan kunci penting diet sehat. Saat perut kita kosong tentunya harus diisi oleh makanan-makanan yang dianjurkan untuk diet. Berikut adalah 5 makanan yang mengenyangkan saat diet 

1. Telur

Telur merupakan makanan yang simpel saat ingin dimasak. Biasanya banyak orang memasak telur dengan melalui 2 cara yakni digoreng dan direbus.

Bagi kamu yang ingin diet, lebih baik makan telur dengan cara memasak digoreng dan direbus saja. Karena jika ditambah bumbu, biasanya kandungan dalam bumbu mengandung banyak gula dan garam sehingga tidak bagus untuk diet.

Satu butir telur mengandung 6 gram protein dan 72 kalori. Yang mana kandungan kalori dalam telur tersebut sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin diet sehat. Selain itu, telur juga dapat mengenyangkan perut lebih lama.

2. Kentang

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat ini bagus untuk diet sehat. Ada beberapa cara untuk memasak kentang agar siap dikonsumsi bagi para kaum yang ingin diet.

Namun, saat kamu diet dan ingin mengonsumsi kentang, pastikan kentangnya tidak ditambah bumbu. Karena kandungan gula dan garam dalam bumbu tidak bagus untuk diet sehat.

Kentang berukuran sedang hanya memiliki 164 kalori tetapi memberi Anda 935 miligram potasium. Kandungan kalori tersebut sangat rekomen bagi kamu yang ingin diet sehat.

Selain itu, kentang juga memiliki nutrisi vitamin c yang bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

3. Popcorn

Popcorn merupakan makanan yang jarang ditemui di warungan. Biasanya makanan ini tersedia saat kamu ingin pergi menonton bioskop. Dan disanalah kamu akan menemukan dan memakan popcorn.

Saat kamu ingin mencari makanan saat diet, popcorn bisa jadi pilihan. Makanan ini hanya mengandung 93 kalori. Yang mana kandungan kalori dalam makanan tersebut bagus untuk diet sehat.

Bahkan makanan ini memiliki lemak yang sedikit. Sebagian lemak dalam makanan ini merupakan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, bukan lemak jenuh.

4. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang cocok dikonsumsi saat diet sehat karena makanan ini memiliki 165 kalori seperti yang dikutip di mayo clinic health system :

Mengonsumsi oatmeal secara teratur dapat memberikan manfaat pengelolaan berat badan karena setengah cangkir oat gulung yang dimasak dalam secangkir air mengandung 165 kalori, 4 gram serat, dan 6 gram protein. Kandungan serat dan protein berkontribusi membuat rasa kenyang lebih lama dan pelepasan glukosa darah lebih lambat.

5. Apel

Buah-buahan merupakan makanan yang bagus untuk kesehatan terutama untuk diet sehat. Salah satu buah yang bagus dikonsumsi saat diet adalah apel.

satu buah apel berukuran sedang mengandung hanya 100 kalori. Kandungan kalori tersebut tentu dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dan juga bagus untuk diet sehat.

Namun, pastikan kamu mengonsumsi buah ini tidak berlebihan. Karena jika berlebihan maka tubuh kamu akan mengalami bertambahnya berat badan. Oleh karena itu, makan buah ini secukupnya saja.

Saat kamu diet pastikan makanan yang kamu pilih memiliki kandungan kalori yang minim seperti kelima makanan diatas. Jadi, mulai hari ini, yuk, konsumsi 5 makanan diatas ini untuk kebutuhan diet sehatmu.

Referensi

Harvard Health Publishing. Are eggs risky for heart health?

WebMD. What Are the Health Benefits of Root Vegetables?

Verywell Fit. Popcorn Nutrition Facts and Health Benefits

Mayo Clinic Health System. Start your day with healthy oatmeal

WebMD. Health Benefits of Apples

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama