Tips Mengelola Dana Darurat dengan Bijak

dana darurat
pexels.com

Dalam mengelola keuangan tentunya ada 2 hal yakni pemasukan dan pengeluaran kedua hal tersebut akan terus berjalan setiap harinya. Namun, apakah dana darurat sudah dicatat dalam buku anggaran anda? semoga saja sudah karena hal ini dapat berguna ketika anda sedang punya sedikit uang.

Jika dalam anggaran anda sudah mempersiapkan dana darurat ini merupakan hal yang sangat tepat. Apalagi jika anda mempunyai pendapatan yang dibawah UMR. Tetapi apakah anda tahu cara mengelola dana darurat dengan bijak? jika belum, silahkan baca dengan baik ya!

Tips Mengelola Dana Darurat

Ada 6 tips yang bisa anda ikuti tips-tips nya pastikan baca dengan seksama ya agar tidak salah paham!

Tentukan Jumlah Dana Darurat

Umumnya anda memiliki dana darurat setara dengan pengeluaran rutin selama 3-6 bulan. Hal ini bertujuan untuk melindungi finansial saat keadaan darurat seperti kehilangan pekerjaan dan kebutuhan medis yang mendesak.

Pisahkan Dana Darurat

Pisahkan Dana darurat dari tabungan atau rekening yang lain ini bertujuan untuk mudah diakses. Atau jika anda tidak ingin ribet maka gunakan saja e-wallet karena aksesnya lebih mudah dan dimana saja seperti dana,ovo,gopay. Selalu ingat jangan sampai uangnya digunakan untuk membeli apapun.

Sumber Dana Darurat

Dana darurat bisa dari pendapatan tambahan, penghematan rutin, dan bonus ketiga hal tersebut bisa anda jadikan sebagai sumber dari dana darurat. Jika mungkin, tambah sumber lagi untuk berjaga jaga jika 1 sumber hilang.

Otomatisasi Tabungan

Atur secara otomatis dari pendapatan anda ke rekening dana darurat. Hal ini bisa memelihara dana darurat tanpa berpikir dua kali.

Evaluasi dan Perbarui

Tinjau jumlah dana darurat anda dan Perbarui jika ada pembaruan dalam keuangan seperti perubahan penghasilan dan biaya hidup. Selanjutnya evaluasi dan tetapkan anggaran pengeluaran anda.

Hindari Penyalahgunaan

Gunakan dana darurat hanya untuk yang penting dan sangat dibutuhkan saja jangan membeli barang yang tidak penting atau sesuai keinginan.

Mengelola dana darurat membutuhkan kedisiplinan dan kesadaran finansial yang baik tetapi dapat melindungi finansial yang berharga dalam situasi darurat. Itu dia mengenai tips mengelola dana darurat.

Semoga Bermanfaat!

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama