Blogger Pemula Harus Tau! Cara Index Artikel Dengan Cepat

index artikel
pexels.com

Ketika selesai menulis artikel, tentunya anda ingin artikel yang sudah dibuat muncul di pencarian google. Tetapi karena kita seorang pemula mungkin kita akan bertanya-tanya bagaimana sih supaya artikel kita muncul di halaman pencarian google? Pertanyaan itu tentu sering ditanyakan terutama blogger pemula.

Dalam hal ini indexing mempunyai peran utama agar artikel anda dapat muncul pada halaman pencarian google. Jika anda seorang blogger pemula, bisa mengikuti trik ini agar artikel anda jangkauannya luas dan banyak pengunjung. Sebelum masuk ke triknya, apasih indexing itu? 

Pengertian Indexing Artikel

Indexing adalah kemampuan google untuk menemukan dan mengindeks konten artikel di situs web anda.

Alat yang bisa anda gunakan adalah google search console. Alat tersebut memiliki banyak informasi seperti melihat pengunjung, melihat jumlah halaman yang diindeks, dan untuk mengindeks artikel yang telah kita buat.

Sebelum anda ingin mengindeks artikel tentu anda harus memiliki blog  dan sudah terisi artikel minimal satu. Jika sudah punya, silahkan daftar di google search console terlebih dahulu. Ikuti langkah langkah ini:

Pertama : masuk ke google search console

Kedua : pilih opsi "domain" lalu masukan URL blog anda misalkan "tiramida.blogspot.com" kemudian klik lanjutkan dan klik selesai.

Setelah masuk, anda bisa melihat semua menu yang ada di google search console mulai dari beranda/sekilas, halaman, petas situs.

Manfaat Menggunakan Google Search Console Untuk Indexing Artikel

1. Untuk memantau keberhasilan pengindeksan artikel anda dengan cara memberikan laporan jumlah artikel yang berhasil diindeks. Hal ini bisa memastikan bahwa artikel penting anda berhasil muncul di halaman pencarian google.
2. Bisa untuk melaporkan ada halaman artikel anda yang tidak bisa diindeks karena sebuah masalah. Dengan ini, anda bisa mengidentifikasi masalahnya apa dan mencari tahu cara mengatasinya.
3. Permintaan pengindeksan manual, jika ada artikel anda yang belum diindeks, maka anda bisa mengindeks secara manual melalui fitur pengindeksan di google search console bertujuan agar artikel anda segera muncul di halaman pencarian google. Poin inilah yang menjadi topik utama yang akan dibahas setelah ini.
4. Menganalisis kinerja konten anda, peran google search console juga bisa untuk menganalisis artikel dimesin pencari seperti jumlah klik, jumlah klik dan posisi peringkat. Hal ini dapat membantu anda untuk mengoptimalkan artikel di masa mendatang.

Itu adalah 4 manfaat yang bisa membantu anda jika menggunakan google search console. Langsung saja kita bahas ke topik utama.

Trik Artikel Cepat Diindeks Google

Saya ingatkan kembali, sebelum anda menggunakan triknya pastikan anda sudah memiliki blog dan sudah terisi minimal satu artikel yang akan kita indeks.
Sebenarnya, cara ini sangat sangat sederhana dan anda pun pasti tidak akan menyangka.

Ikuti langkah langkah berikut :

  1. Copy terlebih dahulu URL artikel anda

  2. Dari ini "https://namabloganda.blogspot.com/2024/03/tips-mengelola-dana-darurat-dengan-bijak.html"

  3. Masuk ke google search console kemudian klik kolom pencarian dan tempel URL artikel anda (lalu pada akhir URL anda tambahkan ini "?m=1") Klik enter

  4. Menjadi ini "https://bloganda.blogspot.com/2024/03/tips-mengelola-dana-darurat-dengan-bijak.html?m=1"

  5. Klik " Uji URL aktif" tunggu hingga proses selesai


  6. Lalu klik minta pengindeksan, jika sudah, maka tunggu kurang lebih 30 menit biasanya statusnya akan berubah menjadi (halaman diindeks)


  7. Terakhir, tulis di kolom pencarian google "site:namabloganda.blogspot.com" kemudian lihat hasilnya.

Jika semua langkah diatas sudah selesai dilakukan, maka anda perlu menunggu kurang lebih 2 - 6 jam (bahkan bisa 24 jam) untuk muncul dihasil pencarian.

Note: jika masih belum ada, menurut pengalaman saya blog anda umurnya masih dibawah 2 minggu setelah didaftarkan di google search console.

Itulah trik agar blog dan artikel anda cepat diindeks google, cara ini biasa saya lakukan agar mendapat lebih banyak pengunjung.
Sekian dari saya untuk artikel singkat kali ini.

Semoga Bermanfaat!

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama