Tips Mengelola Keuangan Pribadi dengan Baik Untuk Pelajar

keuangan pribadi
pexels.com

Dalam mengelola keuangan, jika kita sering menggunakannya untuk keinginan, tentu bukanlah hal yang bagus terutama bagi pelajar yang ekonominya berkecukupan. Apalagi dijaman sekarang yang serba modern, semuanya harus terlihat bagus mulai dari pakaian, gadget, sepatu dan lainnya.

Pentingnya mengelola keuangan wajib dimiliki semua pelajar karena dapat membantu mereka belajar berhemat dan mengeluarkan uang hanya untuk kebutuhan saja. Tantangan ketika memutuskan untuk berhemat tentu tidaklah mudah karena susah dilakukan apalagi dijaman yang serba modern ini.

Berikut adalah cara mengelola keuangan pribadi untuk pelajar! 

Menyusun Anggaran

- Mendata Sumber Pemasukan

Ketika anda dikasih uang saku oleh orang tua ataupun punya pemasukan lain, coba catat setiap hari untuk belanja kebutuhan.

- Mengidentifikasi Pengeluaran Rutin dan Tidak Rutin

Identifikasi pengeluaran yang rutin dilakukan setiap hari kemudian coba lihat mana yang tidak terlalu penting.

Mengontrol Pengeluaran

- Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Hal ini wajib tau bagi semua pelajar yang ingin belajar berhemat karena jika tidak, maka akan terjadinya pemborosan.

- Menghindari Pemborosan

Cara menghindari pemborosan yaitu dengan mengidentifikasi kebutuhan dan mengurangi pengeluaran untuk hal yang tidak penting.

- Mencatat Setiap Pengeluaran

Jika pengeluaran tercatat maka mengontrol dan mengidentifikasi hal yang tidak penting pun akan mudah.

Menabung Secara Disiplin

- Menyisihkan Sebagian Pendapatan Untuk Ditabung

Coba mulai menabung dari pemasukan yang anda dapatkan meskipun nominalnya kecil. Karena jika konsisten maka uangnya akan tambah banyak.

- Manfaat Menabung Bagi Pelajar

Salah satu manfaat menabung bagi pelajar adalah untuk cadangan ketika ada kebutuhan mendadak. Misalnya seperti kehilangan alat tulis, jika ada uang tabungan maka tidak perlu pusing.

Mengembangkan Sumber Pendapatan Tambahan

- Mencari Pekerjaan Paruh Waktu atau Freelance

Anda bisa mulai mencari pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online yaitu dengan cara menjadi freelancer. Tetapi sebelum memulai, pastikan sudah punya skill dan keterampilan yang cukup bagus.

- Memulai Usaha Kecil-Kecilan

Biasanya pelajar melakukan usaha ini dengan cara berdagang disekolah, anda juga bisa memulai usaha ini sebagai sumber pendapatan tambahan.

- Memanfaatkan Keterampilan Atau Hobi

Apakah anda mempunyai hobi bernyayi? Jika iya, coba ikuti eskul yang berkaitan dengan nyanyi karena biasanya ada lomba yang berhadiah uang.

Meningkatkan Literasi Keuangan

- Membaca Buku Atau Artikel Terkait Pengelolaan Keuangan

Dengan membaca buku dan artikel bisa untuk menambah wawasan anda dalam mengelola keuangan khususnya seorang pelajar. Jadi, sering seringlah membaca.

- Mengikuti Seminar Atau Webinar Keuangan

Jika anda punya waktu luang coba cari dan follow akun yang membahas seputar mengelola keuangan dan manfaatkan ketika ada webinar yang gratis.

Jika anda konsisten dalam mengelola keuangan dampak jangka panjang yang akan anda dapatkan adalah ketika sudah menikah. Anda tidak akan pusing mengelola keuangan karena sudah terbiasa saat masih pelajar.

Semoga Bermanfaat!

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama