Inilah 4 Manfaat Berpuasa, Salahsatunya bisa Membuat Umur lebih Panjang

pexels.com/khats cassim

Puasa adalah suatu aktivitas dimana kita menahan rasa lapar dan haus disiang hari. Selain itu, puasa juga diwajibkan untuk menahan hawa nafsu.

Dalam agama islam puasa merupakan rukun islam yang ketiga. Artinya semua umat muslim wajib melakukan ibadah ini. Selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda, puasa juga memiliki manfaat, lho.

Simak 4 manfaat berpuasa ini seperti yang dirangkum dari medicine!

1. Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang memiliki berat badan tinggi dan ingin mencoba menurunkan berat badan, cobalah berpuasa. Karena puasa merupakan aktivitas menahan lapar dan haus.

Studi menunjukan bahwa berpuasa dapat menurunkan berat badan hingga 7 - 11 pon dalam seminggu. Selain itu, puasa juga dapat menurunkan resiko obesitas.

2. Peningkatan respon seluler pada stress

Ketika tubuh kamu sedang lapar maka sel-sel dalam tubuh akan sedikit stress ringan karena tidak tersedianya kalori. Tetapi stress seluler ringan sebenarnya memiliki manfaat.

Sel yang mengalami stress seluler ringan saat berpuasa dapat beradaptasi dengan tekanan yang ekstrim di kemudian hari. Contohnya jika kamu terkena infeksi, maka sel-sel tersebut mungkin lebih siap beradaptasi.

3. Umur lebih panjang

Peneliti memiliki bukti bahwa puasa dapat memberikan umur panjang meskipun penelitian ini kurang meyakinkan. Jadi, meski ini masih kurang meyakinkan setidaknya berpuasa dapat memberikan manfaat kedalam tubuh kita.

4. Peningkatan metabolisme

Melansir medicine ada beberapa bukti bahwa puasa dapat menurunkan metabolisme lainnya seperti kolesterol dan tekanan darah.

Berpuasa merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin sehat seperti menurunkan berat badan. Bagi kamu yang umat muslim lakukan ibadah ini bersungguh-sungguh karena berpuasa saat bulan ramadhan pahalanya dilipatgandakan oleh allah swt.

Baca Juga

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama