Pentingnya Mobile Optimization Dalam Strategi SEO

mobile optimization
pexels.com

Dijaman sekarang ini banyak sekali ketika orang mengunjungi sebuah website/blog menggunakan hp android, itu artinya website/blog yang mereka kunjungi harus sudah mobile friendly. Peran Mobile Optimization dalam hal ini adalah mengoptimasi blog/website agar mobile friendly.

Ketika blog/website kita sudah mobile friendly maka visitor pun akan meningkat dan mendapatkan kesempatan mendapat visitor unik. Terutama dari kalangan anak sekolah (jika niche kalian berhubungan dengan pelajaran sekolah), biasanya anak sekolah mencari jawaban dari tugas yang guru mereka berikan.

Apa Itu Mobile Optimization

Mobile Optimization adalah sebuah desain untuk blog/website yang bersifat responsif di handphone. Responsif disini berarti:

  1. font yang mudah dibaca
  2. tombol share yang mudah di klik
  3. ukuran gambar yang memadai
  4. template responsif

Intinya ketika blog/websitenya dikunjungi lewat hp nyaman dilihat tampilannya dari segi apapun.

Mengapa Blog/Website Kita Harus Mobile Friendly

Alasan utamanya yaitu agar ketika blog/website kita dikunjungi lewat handphone mudah diakses terutama pada bagian navigasi. Alasan lain yaitu untuk memastikan pengalaman visitor saat mengunjungi blog/website kita mendapat kenyamanan,bertujuan agar si visitor tersebut berpotensi menjadi visitor setia.

Langkah Langkah Agar Blog/Website Kita Mobile Friendly

1. Responsif Design

Untuk desain sendiri dalam mobile optimization sangat amat penting karena percuma jika artikel kita bagus tetapi desain yang kita gunakan tidak responsif, maka kemungkinan visitor akan kabur karena kurang nyaman dilihat dari segi desain.

2. Optimasi Gambar

Salahsatu ciri bahwa blog/website kita mobile friendly yaitu dilihat dari ukuran gambar,usahakan dari segi kecerahan,kontras-nya cukup terang dan juga optimasi dari ukurannya usahakan jangan terlalu kecil.

3. Navigasi Yang Mudah

Navigasi juga berperan penting dalam mobile friendly, pastikan teman teman memilih template yang sesponsif ya bertujuan agar navigasinya mudah diakses.

4. Ukuran Font

Untuk poin ini sudah tidak diragukan lagi jika font dalam blog/website kita terlalu kecil rasanya tidak nyaman dibaca usahakan fontnya jangan terlalu kecil. Dalam hal ini mungkin poin ini yang paling penting dalam mobile optimization karena pada dasarnya orang orang ketika mengunjungi sebuah blog/website mereka ingin membaca artikel.

5. Optimasi Tombol Share Media Sosial

Tombol share dalam blog/website cukup penting terutama bagi visitor yang ingin membagikan artikel kita. Jadi pastikan tombol share ke modia sosial teman teman ukuranya jangan terlalu kecil.

6. Uji Kelayakan

Coba test blog/website teman teman ke situs penyedia test mobile friendly. Jika hasilnya kurang puas maka perbaiki kekurangannya didalam blog/website teman teman.

Penting sekali bagi kita untuk membangun sebuah blog/website yang ingin banyak visitor dalam hal ini mobile optimization sangat amat dibutuhkan. Jadi gunakan template yang responsif bertujuan agar blog/website kita mobile friendly.

Semoga Bermanfaat!

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama