Panduan Perawatan Hamster Untuk Pemula

perawatan hamster
pexels.com

Siapasih yang gak kenal sama hewan mungil yang satu ini, mungkin anda sudah tahu hewanya yaitu hamster. Hamster merupakan hewan peliharaan yang cukup populer. Entah orang dewasa maupun remaja ada saja yang memelihara hewan ini. Namun, jika anda tidak tau cara perawatan hamster maka artikel ini mungkin bisa membantu.

Dalam merawat hamster sebenarnya sama seperti perawatan hewan lainnya. Yaitu mulai dari memberi makan minum, pembersihan kandang, cek kesehatan dan lainnya. Artikel ini akan membahas semua kebutuhan anda dalam merawat hamster. Baca dengan teliti ya!

Pemilihan Kandang dan Perlengkapan

Dalam memilih kandang hamster pastikan anda menyesuaikan dengan ukuran hamster itu sendiri. Jangan sampai hamster anda ukuranya besar tetapi malah ditempatkan di kandang yang kecil. Jika melakukan hal tersebut maka hamster anda akan merasa terkekang dan tidak nyaman.

Seperti yang anda ketahui hamster memiliki 2 sifat yaitu ada yang aktif dan ada yang cenderung diam/pemalu. Kedua jenis tersebut tentu harus memiliki perlengkapan dalam kandangnya karena bisa jadi sewaktu waktu hamster anda membutuhkanya. Berikut adalah perlengkapan yang harus ada dalam kandang hamster:

  • Tempat tidur
  • Alas kandang
  • Roda hamster
  • Tempat makan dan minum
  • Mainan

Kelima hal diatas merupakan hal yang penting pastikan anda memilikinya untuk kesehatan serta kebutuhan si hamster.

Pemberian Makanan Yang Tepat

Makanan berperan penting untuk kesehatan dan keberlangsungan hidup hamster. Jangan terlalu mengabaikan hal ini dengan alasan karena hewan ini adalah hewan omnivora atau pemakan segalanya lalu anda malah memberikan makanan yang tidak tepat. Anda juga harus memperhatikan pemberian makan yang tepat. Berikut adalah jenis makanan hamster yang bisa anda berikan:

Pakan Komersial Hamster

Pakan hamster tersedia dalam bentuk pelet dan campuran biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan gizi hamster. Memilih pakan ini untuk kebutuhan sehari hari tentu akan baik bagi kesehatan hamster karena campuran biji-bijian mengandung kandungan yang cukup baik untuk kesehatan.

Tetapi pastikan untuk memilih jenis yang tepat untuk hamster anda seperti hamster Syrian atau hamster Dwarf.

Sayuran dan Buah-buahan Segar

Anda bisa memberikan makanan jenis ini contohnya seperti wortel, brokoli, dan selada, serta buah-buahan seperti apel, pisang, dan anggur. Pastikan untuk memberikannya dalam jumlah yang tepat dan hanya jenis yang aman untuk hamster.

Serangga dan Cacing

Salahsatu kelebihan hewan omnivora adalah boleh memakan serangga dan cacing contoh makananya adalah serangga kecil seperti jangkrik, ulat, atau larva belatung sebagai sumber protein tambahan. Untuk memberikan makanan ini pastikan sudah memperoleh serangga yang aman dan telah diolah secara higienis.

Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Hewan yang satu ini faktanya memiliki hal unik dalam makanan yaitu camilan. Camilan yang bisa anda berikan adalah biji bunga matahari, biji labu, dan kacang almond tanpa garam atau bumbu tambahan.

Camilan Komersial

Ada juga camilan komersial yang bisa anda berikan ke hamster seperti stik berbentuk batang atau bola, yang biasanya mengandung berbagai biji-bijian, buah-buahan kering, atau sayuran.

Jika anda ingin mempunyai hewan peliharaan yang tidak mau ribet dalam hal makanan, mungkin hewan ini adalah solusinya. Seperti yang anda lihat diatas makanan untuk hewan ini banyak sekali jenisnya. Tetapi pertimbangkan kembali untuk merawatnya karena anda tidak hanya memberinya makan saja ada juga merawat kandangnya dan membersihkan tempatnya yang akan dibahas setelah ini.

perawatan hamster
pexels.com

Menjaga Kebersihan Kandang

Seperti halnya manusia, hewan juga perlu perawatan dalam kebersihan. Jika anda ingin memelihara hewan ini maka harus rutin dalam membersihkan kandangnya. Lalu apa saja tanda tandanya jika kandang hamster harus segera dibersihkan :

Muncul Bau yang Tidak Sedap

Hal ini menandakan bahwa kotoran dan urine sudah terakumulasi maka segera bersihkan kandang hamster anda. Selain itu, bau tidak sedap juga akan memberikan rasa tidak nyaman kepada anda sebagai pemilik.

Kotoran Menumpuk

Jika kotoran dan makanan sudah menumpuk cukup banyak maka harus segera dibersihkan bertujuan untuk kenyamanan si hamsternya dalam melakukan aktivitas.

Kelembaban Berlebih

Jika dalam kandang sudah lembab dan basah maka perlu dibersihkan segera karena jika dibiarkan maka akan meningkatkan perkembangbiakan bakteri dan jamur. Menghindari hal ini dapat mencegah masalah kesehatan.

Perubahan Perilaku Hamster

Mungkin ini terdengar agak aneh tetapi ini penting jika hamster terlihat gelisah, cemas, atau menghindari area tertentu di dalam kandang, maka bersihkan dengan segera karena bisa jadi hamster anda sudah merasakan tidak nyaman.

Frekuensi dari pembersihan kandang hamster bisa dibilang tergantung. Jika kandang kecil diisi dengan banyak hamster mungkin perlu 1 Minggu sekali tetapi jika kandang besar hanya diisi satu hamster 2 Minggu sekali juga bisa. Silahkan sesuaikan dengan jumlah dan kandang hamster anda.

Perawatan Kesehatan Rutin

Untuk melihat apakah hamster memiliki luka atau sedang tidak sehat pastikan untuk melihat fisiknya secara berkala tujuannya bisa dibilang untuk mengecek kesehatan pada hamster. Lalu apa tanda tandanya?

tanda tanda penyakit umum pada hamster dan pertolongan utama:

Tanda Tanda Penyakit

Perubahan Pada Pola Makan

Ketika hamster mulai kehilangan selera makan dan makan lebih sedikit maka pertanda hamster sedang tidak sehat.

Penurunan Berat Badan

Turunnya berat badan hamster yang tidak dapat dijelaskan maka bisa dipastikan pertanda masalah kesehatan.

Kelopak Mata Menutup dan Berair

Ketika anda iseng mengecek mata hamster dan menemukan mata hamster tesebut terlihat merah, berair, atau kelopak mata yang selalu tertutup bisa menunjukkan infeksi atau iritasi.

Masalah Pernapasan

Suara pernafasan yang berat, sering bersin, atau hidung yang basah pertanda infeksi saluran pernapasan.

Perubahan Aktivitas Atau Sikap

Jika anda melihat hamster yang lesu, kurang aktif, menggaruk garuk ini merupakan tanda tanda adanya masalah kesehatan.

Pertolongan Pertama

Isolasi dan Perhatian Ekstra

Pisahkan hamster yang sedang sakit ke kandang berbeda bertujuan agar mencegah penyebaran penyakit pada hamster. Berikan perhatian ekstra seperti tempat yang tenang dan tempat tidur yang nyaman.

Konsultasi Dengan Dokter Hewan

Jika hamster anda memiliki tanda tanda penyakit pertimbangkan untuk menghubungi dokter hewan karena dapat memberikan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang diperlukan.

Perawatan Lingkungan

Perhatikan kandang hanster anda secara berkala pastikan kandangnya tetap kering dan bersih untuk pencegahan dan penyebaran penyakit ke hamster lainya. Ganti alas kandang anda secara teratur dan bersihkan tempat makan dan minum.

Perawatan Nutrisi

Beberapa penyakit dapat mengakibatkan dehidrasi atau kekurangan nutrisi pastikan anda rutin memberi makanan bergizi dan minum pada hamster.

Aktivitas dan Interaksi

Luangkan waktu anda untuk bermain dan berinteraksi dengan hamster karena ini dapat mengurangi stress. 

Jika terlanjur stress, maka langkah langkah ini bisa dilakukan:

Hindari Gangguan yang Berlebihan

Biarkan hamster anda beristirahat dengan tenang dan jangan ganggu dia. Hal ini bisa mengurangi stress pada hamster.

Berikan Waktu Bermain dan Berinteraksi

Hewan mungil ini faktanya perlu interaksi dengan pemiliknya hal ini bisa mengurangi stress nya.

Menjaga Lingkungan yang Tenang

Hindari penempatan hamster didekat tempat yang berisik seperti tempat yang dekat dengan jalan raya dan tempat yang sering dilewati orang orang. Usahakan penempatan hamster ditempat yang tenang agar tidak merasa terganggu.

Perhatikan Tanda Tanda Stress

Jika hamster anda sering terlihat menggigit kandang, gelisah dan merasa terutup coba berikan perhatian ekstra pastikan kandangnya aman dan nyaman.

Perawatan hamster sebenarnya cukup rumit tetapi jika anda tidak terlalu memikirkan hal tersebut maka akan terasa menyenangkan dalam merawatnya dan berdampak baik pada kesehatan hamsternya.

Itulah Hal yang bisa anda lakukan untuk melakukan perawatan hamster.

Semoga Bermanfaat!

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama