6 Tanaman Pengusir Racun di Dalam Rumah Kita

pexels.com

Cerita Ilmu - Ketika tubuh kita sudah melakukan banyak aktivitas pastinya racun racun diluaran sana bisa saja menempel dalam tubuh kita. Hanya saja tubuh kita tidak terlalu sensitif terhadap racun yang menempel. Namun ternyata ada tanaman pengusir racun yang bisa ditempatkan dirumah kita.

Tidak hanya itu, tanaman tanaman juga tentu saja bisa menjadi hiasan didalam rumah kita. Apalagi jika kita mendekorasinya, tentu akan sangat indah. Tetapi harus ingat jaga kesehatan kita juga dengan menyimpan tanaman tanaman pengusir racun ini.

6 Tanaman Pengusir Racun

Berikut adalah tanaman yang bisa mengusir racun dan tentu saja bisa ditaruh didalam rumah:

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

pexels.com

Tentunya tanaman ini sudah tidak asing lagi di lingkungan kita. Tetapi faktanya tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman pengusir racun didalam rumah kita. Dan tanaman ini juga bisa menyehatkan udara dalam ruangan. Oleh karena itu, tanaman lidah buaya sangat direkomendasikan untuk ditempatkan di dalam ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, ataupun ruang kerja agar udara di dalam ruangan tetap bersih dan sehat.

Lidah buaya mampu menguraikan dan menyerap zat kimia berbahaya di udara seperti formaldehida dan benzene. Kedua zat ini lazim terdapat di lingkungan dalam ruangan akibat penggunaan furniture, lem, pengharum ruangan, dan lainnya. Cara kerjanya adalah dengan menyerap zat-zat berbahaya tersebut melalui stomata (mulut daun) yang terbuka lebar pada permukaan daun. Setelah diserap, zat tersebut diuraikan menjadi tidak berbahaya.

2. Kumis Kucing (Orthosiphon stamineus)

halodoc.com

Tanaman yang satu ini sudah jarang sekali terlihat didaerah saya. Tetapi mungkin ditempat teman teman masih ada saja. Sama seperti lidah buaya tanaman ini bagus untuk mengusir racun didalam ruangan. Dengan demikian, tanaman kumis kucing bermanfaat untuk membuat kualitas udara dalam ruangan menjadi lebih bersih dan segar.

Tidak hanya itu, Mekanisme kerja kumis kucing dalam mengusir racun adalah dengan melepaskan senyawa fitoncid yang bersifat sebagai antibiotik alami. Senyawa ini mampu membunuh bakteri dan jamur yang mengkontaminasi udara dalam ruangan.

Selain membunuh bakteri/jamur, senyawa fitoncid juga menguraikan bau tak sedap dan menetralisir racun di udara seperti formaldehida yang dilepaskan perabotan atau pengharum ruangan.

3. Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)

Bali.voi.id

Tanaman hias yang satu ini tentunya sudah bertebaran dimana mana. Banyak sekali orang orang yang menjadikan tanaman tersebut sebagai tanaman hias. Tetapi faktanya tanaman ini juga bisa mengusir racun. Dan juga bisa ditempatkan didalam rumah dan juga diluar rumah.

Tanaman ini lebih cocok ditempatkan didalam ruangan seperti ruang tamu, kantor, dan tempat tidur. Karena tanaman ini mampu menyerap racun yang ada didalamnya. Dan juga tanaman ini cocok bagi teman teman yang sedang mencari tenaman hias sekaligus tanaman yang menyehatkan ataupun pengusir racun.

4. Daun Sirsak (Annona muricata)

alodokter.com

Didalam daun sirsak terdapat beberapa zat yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh. Faktanya tanaman ini bisa mengeluarkan racun dari organ hati dan ginjal. Oleh karena itu tanaman ini sangat cocok sebagai pengusir racun dalam tubuh.

Daun sirsak juga dipercaya mampu menghambat dan membunuh sel kanker akibat aktivitas antioksidan dan detoksifikasi dari senyawa acetogenin yang tinggi. Oleh karena itu, infus atau jus daun sirsak sangat baik dikonsumsi secara rutin untuk menjaga organ detoks tubuh tetap sehat dan terbebas dari residu racun.

5. Aglaonema (Aglaonema sp)

Sonora.id

Sama seperti poin nomor tiga yaitu lidah mertua, tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias juga dijadikan tanaman pengusir racun. Tanaman ini juga bisa ditempatkan didalam tanah maupun diair. Dan tidak perlu memakai pupuk khusus cukup siram saja setiap hari.

3 alasan mengapa teman teman harus memilih tanaman untuk mengusir racun dalam rumah adalah karena :

  1. Dapat ditempatkan di dalam ruangan yang minim cahaya matahari langsung
  2. mampu mengurangi polusi udara
  3. Mampu menyerap dan menetralisir bahan kimia beracun

6. Sirih Gading (Dracaena trifasciata)

id.theasianparent.com

Tentunya tanaman ini akan indah jika ditempatkan disudut sudut ruangan seperti ruang tamu dan kantor. Perawatanya pun sangat mudah. Tanaman ini juga bekerja membersihkan racun di udara sekaligus menghasilkan oksigen untuk menciptakan suasana ruangan yang bersih dan segar.

Tanaman pengusir racun sangat direkomendasikan untuk ditempatkan di dalam atau di luar ruangan agar udara menjadi lebih segar, bersih, dan bebas dari paparan racun yang membahayakan kesehatan tubuh manusia.

Dari ke-6 tanaman pengusir racun diatas manakah yang sudah dimiliki teman teman jangan lupa komentar dibawah ya...

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama