Cara Menjaga Kesehatan Pada Musim Hujan

pexels.com

Musim hujan tiba. Saatnya waspada dan menjaga diri agar terhindar dari serangan virus dan bakteri yang mengincar kesehatan. Pasalnya, perubahan musim dari panas ke hujan rentan memicu munculnya penyakit. 

1. Penuhi Kebutuhan Tidur yang Cukup

Tidur yang lelap dan cukup adalah kunci utama menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan datang. Kurang tidur akan melemahkan sistem kekebalan dan membuat tubuh mudah digempur penyakit. Maka, wajibkan tidur 7-8 jam per hari agar tubuh bugar dan siap menghadapi tantangan musim.

Jangan Begadang Larut Malam

Kecanduan gadget atau nonton televisi hingga larut malam perlu dihindari. Atur jadwal tidur dan bangun secara teratur untuk membiasakan tubuh beristirahat total saat waktu tidur tiba. Bangun pagi pun jadi lebih mudah dilakukan.

2. Perbanyak Makan Makanan Bergizi

Sajian hangat dan bergizi wajib hadir di meja makan saat hujan turun dengan derasnya. Selain mengenyangkan, makanan bergizi tinggi juga menjadi benteng tubuh dari serbuan penyakit. 

Masakan Rumahan Lebih Sehat

Daripada pesan makanan cepat saji, baiknya masak makanan sendiri. Lebih sehat dan higienis karena kita bisa mengatur bahan-bahannya. Ayam kukus, sup wortel, hingga bubur gandum adalah menu hangat yang sangat baik untuk daya tahan tubuh.

3. Tetap Berolahraga

Riuhnya hujan bukan alasan untuk malas bergerak. Olahraga tetap bisa dilakukan meski di dalam ruangan agar tubuh tak kaku. Pilih olahraga ringan yang tak bakal bikin tubuh kelelahan atau lumpuh diguyur keringat.

Senam Pagi, Yuk!

Sebelum memulai aktivitas, luangkan waktu 30 menit untuk senam. Gerakan senam aerobik akan memperlancar peredaran darah dan membuat otot-otot segar bugar. Pikiran ikut menjadi rileks bak disiram air terjun.

4. Konsumsi Vitamin Tambahan

Selain makanan bergizi, asupan vitamin juga tetap diperlukan agar kesehatan tetap terjaga. Beragam jenis vitamin bisa menjadi pendamping gaya hidup sehat saat musim hujan menyapa. 

Pilih Vitamin Berkualitas

Perhatikan kadar dan komposisi vitamin dengan baik sebelum membelinya. Konsultasikan dengan dokter terkait jenis dan dosis vitamin yang dibutuhkan tubuh agar mendapat manfaat maksimal tanpa efek samping.

5. Jauhi Stres

Keadaan mendung dan hujan terus menerus berpotensi memicu perasaan tidak enak. Berbagai masalah bisa datang silih berganti bak ombak besar menghantam karang. Kontrol pikiran agar tak larut dalam stres.

Hiburan Meredakan Stres

Saat pikiran penat melanda, segera lakukan aktivitas menyenangkan. Bisa menonton film komedi, mendengarkan musik favorit, atau sekadar berbincang dengan sahabat lama. Hiburan ringan sangat efektif mengusir stres.

6. Hindari Perubahan Suhu Ekstrim

Saat tubuh basah kuyup karena kehujanan, sebaiknya segera berteduh dan berganti pakaian agar tak masuk angin. Suhu tubuh akan cepat menurun jika terlalu lama terpapar dinginnya air hujan.

Kenakan Jas Hujan

Bawa selalu jas hujan atau payung saat pergi ke luar rumah. Kalaupun tak sempat berteduh saat kehujanan, setidaknya tubuh tak langsung kontak dengan derasnya air. 

7. Jaga Kebersihan Tangan

Cuci tangan rutin memakai sabun adalah kewajiban baru di era pandemi Covid-19 saat ini. Apalagi di musim penyakit, menjaga kebersihan tangan jadi lebih penting untuk mencegah kuman masuk tubuh. 

Bersihkan Tangan Pakai Handsanitizer

Selain mencuci tangan, bawa juga handsanitizer ke mana pun Anda pergi. Semprotkan cairan antiseptik ini ke tangan setiap kali selesai menyentuh benda di luar yang mungkin penuh kuman.

Itulah 7 tips ampuh menjaga kesehatan pada musim hujan agar terhindar dari serangan virus dan bakteri. Tetap jaga imunitas tubuh ya!

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama