6 Kebiasaan yang Dapat Menyehatkan Ginjal, Nomor 3 Bisa Mencegah Kencing Batu

kebiasaan untuk menyehatkan ginjal
pexels.com

CERITA ILMU - Kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan, tentunya memiliki dampak positif, misalnya, jika kita menghindari merokok dan meminum alkohol, maka ginjal dan anggota tubuh lainnya akan sehat, jika tidak, maka sebaliknya.

Ginjal merupakan anggota tubuh yang berada di bagian dalam manusia, yang berfungsi untuk menyaring cairan. Hal ini bertujuan untuk membersihkan semua apa yang kita minum. Sehingga peran ginjal dalam tubuh sangatlah penting.

Untuk menjaga agar ginjal kamu tetap sehat, yuk, lakukan kebiasaan berikut:

1. Batasi Asupan Garam

Untuk menjaga ginjal kamu agar tetap sehat, sebaiknya membatasi asupan garam yang masuk pada tubuh. Karena kelebihan garam, bisa meningkatkan tekanan darah yang dapat membebani ginjal. Cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menghindari makanan olahan dan makanan berkemasan.

2. Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayur merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat, karena kandungan vitamin dan mineralnya yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat mengonsumsi buah dan sayur, yakni untuk kesehatan ginjal. Dilansir alodokter, buah yang dapat menyehatkan ginjal adalah nanas, apel, dan blueberry.

3. Hindari Minuman Manis

Minuman manis biasanya mengandung gula yang cukup tinggi. Jika seseorang mengonsumsinya secara berlebihan, maka dapat meningkatkan resiko kencing batu dan gula darah. Oleh sebab itu, sebaiknya minumlah air putih atau minuman rendah kalori lainnya.

4. Minum Air yang Cukup

Meminum air putih tentunya sangat dianjurkan, karena memiliki beberapa manfaat, salah satunya untuk menyehatkan ginjal. Saat kamu rutin meminum air putih, ginjal akan membuang sisa metabolisme dan racun di dalam tubuh lebih efisien. Idealnya, kamu perlu meminum air putih delapan gelas dalam satu hari.

Penting Diketahui, dehidrasi dapat membebani kerja ginjal.

5. Olahraga Teratur

Selain membakar kalori, olahraga rutin juga bisa menyehatkan ginjal. Karena dengan berolahraga, kamu dapat mengurangi tekanan darah, sehingga ini bisa mengurangi beban pada ginjal.

6. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Terakhir, yaitu memeriksakan atau melakukan test kesehatan ginjal sejak dini. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi masalah yang ada pada ginjal, lalu mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Ginjal adalah anggota yang sangat berpengaruh pada kehidupan kamu, karena salah satu fungsinya, bisa membuang racun di dalam tubuh. Jadi, yuk, lakukan enam kebiasaan di atas untuk kesehatan ginjal kamu.

Baca Juga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama