Strategi Efektif Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan Mental - Tentunya setiap orang pasti mempunyai cara tersendiri untuk menjaga kesehatan mental mereka masing masing,entah itu dengan cara meditasi,berdiam diri dan sebagainya.Kesehatan mental ini sangat penting untuk kehidupan kita apalagi jika kita adalah seseorang yang sering berinteraksi dengan orang lain.

Tetapi apa yang terjadi jika mental kita tidak dijaga??? menurut saya pribadi diri kita ini akan mudah stress depresi serta tidak bisa mengontrol diri.Pada intinya kesehatan mental ini aspek penting dalam hidup kita.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Versi Pribadi

Mental kita perlu dijaga agar terhindar dari sesuatu yang tidak kita inginkan salahsatunya adalah stress, berikut adalah beberapa tips menjaganya:

1. Jauhi Orang Orang Yang Toxic

Cara yang satu ini adalah cara yang umum tentunya teman teman pun sudah pasti mengetahuinya,terkadang orang orang toxic itu bisa muncul dimana saja entah itu dari pertemanan,rekan kerja bahkan ada juga yang dari keluarga,sungguh miris sekali jaman sekarang ini dan biasanya orang orang toxic ini munculnya pada saat kita menginjak usia remaja.

Tak hanya itu, menjauhi orang orang yang toxic pun akan banyak sekali hal positif yang akan kita dapat,pada intinya ketika kita memilih circle pertemanan harus pintar memilih agar tidak terjerumus menjadi orang toxic juga,terkadang jaman sekarang ini banyak sekali hinaan yang dibungkus menjadi sebuah candaan.

2. Rutin Berolahraga

Olahraga juga tak kalah penting dalam menjaga kesehatan mental kita,karena dengan olahraga tubuh kita akan lebih rileks selain itu juga berolahraga penting untuk kesehatan badan kita pada intinya cara ini mempunyai 2 manfaat yaitu menjaga kesehatan mental dan menjaga kesehatan badan.

3. Tidur yang cukup diatas 6-7 jam

Ini adalah cara yang utama bagi saya pribadi,karena berdasarkan pengalaman jika tidur dibawah 6-7 jam keesokan harinya akan lemas dan pusing apalagi di jam kerja itu sangat tidak nyaman dan juga mengganggu pekerjaan saya.

Perlu diingat tidur juga penting pada kesehatan terutama pada kinerja otak kita.Pada malam hari ketika kita sedang tidur sebenarnya otak kita sedang beristirahat lalu bagaimana jika bergadang??? tentu jawabannya menurut saya pribadi otak kita tidak beristirahat dan salah satu efek yang saya rasakan dahulu adalah suara menjadi serak.

4. Membaca/Menonton Tentang Cara Menjaga Kesehatan Mental

Dijaman sekarang yang serba canggih ini sudah sangat nyaman terutama dalam mencari informasi,kita hanya perlu mengetik apa saja yang kita cari ke google dan google akan menampilkan hasil untuk kita yang relevan.

Terkadang banyak content creator yang membagikan konten kesehatan berbentuk video salah satunya adalah "kesehatan mental" dan itu sangat bagus sekali untuk kita tonton karena jika membaca dibarengi video unik itu akan membuat si penonton akan terhibur.

Pola Makan Untuk Menjaga Kesehatan Mental


Dilansir dari hellosehat ternyata pola makan juga bisa mempengaruhi kesehatan mental,itu karena kandungan vitamin yang ada dalam makananlah yang berperan penting.dan salahsatu aspek pentingya adalah sarapan teratur.
Aspek ini berguna sebagai pemberi energi untuk otak dan tubuh kita dan jika tidak sarapan maka akan berpengaruh buruk terhadap tubuh kita bahkan jika melewatkan sarapan maka tubuh kita akan linglung.

Intinya menjaga kesehatan mental sangatlah penting karena banyak sekali hal positif yang akan kita dapat jika kita menjaganya dengan baik.Perhatikan juga pola makan kita agar terhindar dari sesuatu yang tidak kita inginkan.
Bagaimana apakah poin poin diatas ada yang sama juga???

gambar diambil dari pexels
Baca Juga

3 Komentar

Lebih baru Lebih lama